Selasa, 23 November 2010

PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT

A. PELAPISAN SOSIAL
Pengertian
Masyarakat terbentuk dari individu – individu yang terdiri dari berbagai macam latar belakang. Latar belakang inilah tentu akan membentuk suatu Negara huterogen yang terdiri dari kelompok – kelompok social. Dengan cara inilah terbentuknya suatu pelapisan masyarakat atau terbentuklah suatu masyarakat yang berstrata. Adapun definisi – definisi menurut Theodorson dkk, dalam sebuah dictionary sociology menyatakan pelapisan masyarakat berarti jenjang status dan peranan yang relative permanen.

1. Sifat dan perbedaan system pelapisan :

• System pelapisan masyarakat terbuka
Ini sering ditemukan di India dengan sistem kasta, yaitu sebagai berikut :
Ø Kasta Paria :
1. Paria adalah suatu kaum di India kuno, yang berada lebih rendah daripada kasta shudra dimana manusia dianggap sama dengan binatang dan tidak diakui keberadaannya. Paria mengalami diskriminasi dan penderitaan yang sangat sulit pada masa itu. Namun saat ini HAM (Hak Azasi Manusia) sudah mengakui banyak negara dan termasuk India.
2. Definisi golongan rakyat jembel (yang hina- dina) dalam masyarakat Hindu.

Ø Kasta Sudra :
1. Sudra adalah sebuah golongan profesi (golongan karya) di India. Warna ini merupakan warna yang paling rendah. Warna lainnya adalahbrahmana, ksatria, danwaisya. Sudra adalah golongan karya seseorang yang bila hendak melaksanakan profesinya sepenuhnya mengandalkan kekuatan jasmaniah, ketaatan, kepolosan, keluguan, serta bakat ketekunannya.
2. Tugas utamanya mereka berkaitan langsung dengan tugas-tugas memakmurkan masyarakat negara dan umat manusia atas petunjuk-petunjuk golongan karya di atasnya, seperti menjadi buruh, tukang, pekerja kasar, petani, pelayan, nelayan, penjaga, dll.


Ø Kasta Waisya :
1. Waisya merupakan golongan para pedagang,petani, nelayan, dan profesi lainnya yang termasuk bidang perniagaan atau pekerjaan yang menangani segala sesuatu yang bersifatmaterial, seperti misalnyamakanan, pakaian, harta benda, dan sebagainya. Kewajiban mereka adalah memenuhi kebutuhan pokok (sandang, pangan, papan) golongan Brahmana, Ksatriya, dan Sudra.

Ø Kasta Brahmana :
1. Brahmana merupakan golongan pendetadan rohaniwandalam suatu masyarakat, sehingga golongan tersebut merupakan golongan yang paling dihormati. Dalam ajaran Warna, Seseorang dikatakan menyandang gelar Brahmana karena keahliannya dalam bidang pengetahuan keagamaan. Jadi, status sebagai Brahmana tidak dapat diperoleh sejak lahir. Status Brahmana diperoleh dengan menekuni ajaranagama sampai seseorang layak dan diakui sebagai rohaniwan.

Ø Kasta Ksatria :
1. Ksatriya merupakan golongan para bangsawan yang menekuni bidang pemerintahan atau administrasi negara. Ksatriya juga merupakan golongan para kesatria ataupun para Raja yang ahli dalam bidangmiliter dan mahir menggunakansenjata. Kewajiban golongan Ksatriya adalah melindungi golongan Brahmana,Waisya, dan Sudra. Apabila golongan Ksatriya melakukan kewajibannya dengan baik, maka mereka mendapat balas jasa secara tidak langsung dari golongan Brāhmana, Waisya, dan Sudra.

B. Ada beberapa teori tentang pelapisan social, diantaranya :
Ø Masyarakat terdiri dari kelas atas / upper class dan kelas bawah / lower class.
Ø Masyarakat terdiri dari 3 kelas, upper class, middle class, dan lower class.
Ø Masyarakat terdiri dari upper class, upper middle class, middle class, lower middle class.

C. ELITE DAN MASSA
  • . Elite

1. orang-orang terbaik atau pilihan dl suatu kelompok;
2. kelompok kecil orang-orang terpandang atau berderajat tinggi (kaum bangsawan,
cendekiawan, dsb);
  •  Massa

1. Berasal dari semua lapisan satria social atau lapisan masyarakat
2. Sedikit sekali interaksi atau tukar pengalaman antara anggota kelompok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar